Thursday, April 12, 2012

Wanita ini Ingin Segera Jadi Laki-laki Seutuhnya

Jika Teman-Teman Tidak Keberatan Tolong Di Like Pages Facebook Saya Ya Terima Kasih Sebelumnya
Loading

siti maemunah/Muhammad Prawiro Dijoyo
Muhammad Prawiro Dijoyo atau biasa disapa Joyo (19) ingin segera bisa menjalani operasi penggantian jenis kelamin, sehingga utuh menjadi seorang lelaki. Saat ini, Joyo masih menunggu kepastian operasi, padahal ia sudah dirawat di RSUP dr Kariadi, Semarang, sejak Jumat 30 Maret lalu, di ruang A4 bagian mata.

Ditemui di rumah sakit tersebut, Joyo mengatakan ingin segera hidup normal. Sebab berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Semarang pada sekitar November 2011, Joyo dinyatakan sebagai seorang laki-kali. Hal itu didasarkan pada pemeriksaan dokter di RSUP dr Kariadi yang menyatakan Joyo memiliki kromosom laki-laki.

"Saya hanya ingin segera dioperasi, kalau lama-lama di rumah sakit juga saya malah bingung. Ini sudah 11 hari baru diperiksa tiga kali,"ungkap warga Genuk Semarang ketika ditemui di RSUP Dr Kariadi, Senin (9/4/2012).

Terkait dengan pembiayaan, Joyo mengaku masih mendapat bantuan dari jaminan kesehatan masyarakat kota (Jamkesmaskot) Semarang. Meski begitu ia mengaku khawatir jika pembiayaan tidak terbayar secara utuh. "Saya dengar operasi semacam ini butuh dana sekitar Rp60 hingga Rp80 juta, dan katanya dari Jamkesmaskot hanya dapat Rp8 juta, kalau memang begitu saya tidak tahu lagi harus bagaimana," katanya.

Belum adanya kepastian waktu operasi dan pembiayaan memang terkadang membuatnya putus asa. Jika memang operasi masih lama dilakukan dan biaya tidak ada, ia mengaku akan pulang dan kembali bekerja di usaha konveksi dekat rumahnya. "Saya hanya bisa berdoa semoga bisa operasi dan biayanya ditanggung, kalau tidak, berapa tahun saya bisa kumpulkan uang segitu," ujar pemilik nama asli Siti Maemunah.

Sementara itu Kepala Humas RSUP dr Kariadi Semarang, Darwito mengatakan akan segera membentuk tim untuk menangani Joyo. Meski begitu pelaksanaan operasi harus dilakukan dengan persiapan matang dan sejumlah pemeriksaan seperti ginjal, jantung dan lainnya.

"Semua pasti ditangani dan penanganan dilakukan sebaik mungkin tanpa melihat pasien darimana, untuk kapan operasinya belum bisa dipastikan karena masih menunggu tim melakukan serangkaian pemeriksaan," ujarnya. Sedangkan lamanya operasi diperkirakan sekitar 4 jam.

Joyo merupakan pasien kelainan genetik yang sudah dinyatakan memiliki kromosom laki-laki meski sebelumnya dikenal sebagai perempuan. Ia menyadari menjadi dirinya laki-laki karena tidak memiliki payudara dan tidak mengalami menstruasi.

0 komentar:

Masukan code imotion pada komentar anda agar lebih menarik di bawah ini contoh( :10 )
:10 :11 :12 :13 :14 :15 :17 :18 :19 :23 :26 :28 :30 :31 :32 :33 :34 :35 :36 :38

Post a Comment